%A NIM.: 17204080024 Muhammad Ruston Nawawi %O Pembimbing : Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI DAERAH YANG KETERBATASAN AKSES INTERNET (Studi Kasus di MTs YPPI Wonorejo) %X Keterbatasan Akses Internet menjadi suatu problem dalam berlangsungnya proses pembelajaran online. Sehingga menjadi landasan kuat untuk dikaji dan diteliti agar nantinya dapat menemukan solusi yang terbaik dalam pelaksanaan maupun pemberlakuan suatu kebijakan yang harus di sesuaikan dengan kondisi daerah yang ada. Pembelajaran online yang efektif mungkinkah sudah diterapkan, walapun dihadapkan dengan berbagai keterbatasan yang ada namun usaha dalam memberikan yang terbik untuk seluruh siswa adalah langkah kongkrit. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, guna mendeskripsikan hasil penelitin yang sesuai dengan kodisi di tempat penelitian. Dengan tiga pokok pembahasan terkait efektivtas pembelajaran online, penerapan pembelajaran online dan Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran online. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran online yang saat ini dilakukan di MTs YPPI Wonorejo masih belum efektif. Fasilitas penunjang pembelajaran online sangatlah minim, ditambah lagi sulitnya akses internet yang ada di daerah penelitian. Penerapan pembelajaran online yang dilakukan yaitu dengan pemberian tugas via whattsapp group, siswa yang memiliki android dimasukan dalam satu group kelas yang di moderatori oleh para guru. Bagi siswa yang tidak memiliki android juga bisa mencantumkan whattsapp orang tuanya ataupun saudara terdekat yang sekiranya bisa menyampaikan informasi terkait penugasan yang diberikan oleh guru. Kemudian bagi siswa yang dalam satu rumah tidak memiliki hanphone yang bisa mengakses aplikasi whattsapp group mereka juga harus mencari informasi dengan bertanya teman %K Penerepan pembelajaran online, efektivitas pembelajaran, dan Keterbatasan akses internet. %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47516