eprintid: 47532 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/75/32 datestamp: 2021-12-06 06:00:53 lastmod: 2021-12-06 06:00:53 status_changed: 2021-12-06 06:00:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi Inayatul Hanim, NIM. 15600017 title: ANALISIS CARA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TULI KELAS VII SLB NEGERI 1 BANTUL ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Siswa Tuli, Menyelesaikan Masalah Matematika note: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan cara siswa Tuli kelas VII SLB Negeri 1 Bantul dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini disebabkan karena pelajaran matematika dalam pendidikan pada umumnya merupakan pelajaran yang cenderung tidak diminati oleh siswa karena siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini memberikan keunikan sendiri bagi siswa Tuli dalam cara mereka menyelesaikan masalah matematika. Untuk dapat menyelesaikan masalah diperlukan langkah-langkah atau strategi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan langkah-langkah yang dirumuskan oleh Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melakukan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa Tuli kelas VII SLB Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2019/2020. Prosedur penelitian terdiri dari: 1) tahap awal penelitian, yaitu mempersiapkan instrumen yang hendak digunakan pada saat penelitian, konsultasi kepada dosen pembimbing, dan kemudian divalidasi untuk menguji kelayakannya.; 2) tahap proses penelitian yaitu dimana instrumen tersebut dinyatakan telah valid, kemudian instrumen soal tes diujikan, observasi dilakukan, dan dilaksanakan wawancara; serta 3) tahap akhir penelitian dimana peneliti menganalisis data soal tes, menganalisis pedoman observasi, serta menganalisis pedoman wawancara untuk melihat bagaimana cara siswa Tuli dalam menyelesaikan masalah matematika, kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Tuli tidak semuanya mampu memahami masalah menggunakan bahasa sendiri. Serta siswa Tuli lebih mudah memahami masalah dengan bantuan gambar, seperti soal tes materi FPB pada nomor 1 dalam penelitian ini, dimana gambar pensil dan buku tulis pada soal nomor 1 menyesuaikan jumlah yang diketahui. Peneliti juga menemukan permasalahan internal dan eksternal, permasalahan internal yang peneliti temukan yaitu dimana diketahui bahwa siswa tuli memiliki masalah pada pendengaran yang mengakibatkan siswa sulit mendengar dan kurang memiliki pemahaman bahasa matematika, sehingga membutuhkan alat bantu dengar. Sedangkan permasalahan eksternal yang peneliti temukan yaitu suasana kelas kurang kondusif dimana kelas VII yang peneliti lakukan penelitian hanya berbatas sekat papan tulis dengan siswa kelas VI sehingga mengakibatkan siswa suka berjalan dan bermain di kelas sebelah saat jam pelajaran. date: 2020-12-30 date_type: published pages: 215 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dewi Inayatul Hanim, NIM. 15600017 (2020) ANALISIS CARA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TULI KELAS VII SLB NEGERI 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47532/1/15600017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47532/2/15600017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf