@phdthesis{digilib47533, month = {December}, title = {IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN PAI DARING DI SMA NEGERI 2 BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 16410049 Haris Nur Wikanto}, year = {2020}, note = {Drs. H. Sarjono, M.Si}, keywords = {implementasi pendidikan akhlak, Pembelajaran PAI, daring, SMA Negeri 2 Bantul.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47533/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya kerusakan lingkungan alam karena sikap manusia yang tidak bertanggungjawab dalam pemanfaatan sumberdaya alam yang akhir-akhir marak dilakukan. oleh karena itu peran Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam memahamkan pentingnya akhlak terhadap lingkungan. Hal ini selaras dengan UUD 1945 Tahun 1945 Pasal 31 ayat (3) bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan Nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia. Lembaga pendidikan menyampaikan pendidikan akhlak terhadap lingkungan salah satunya melalui pembelajaran. SMA Negeri 2 Bantul melaksanakan kegiatan pembelajaran daring dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan selama masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Implementasi pendidikan akhlak terhadap lingkungan melalui pembelajaran PAI daring di kelas XII SMA Negeri 2 Bantul. 2) Untuk mengetahui Hasil implementasi pendidikan akhlak terhadap lingkungan melalui pembelajaran PAI daring di kelas XII SMA Negeri 2 Bantul. 3) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan akhlak terhadap lingkungan melalui pembelajaran PAI daring di kelas XII SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar di SMA Negeri 2 Bantul. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan implementasi pendidikan akhlak terhadap lingkungan melalui penyampaian nilai-nilai pembiasaan di sekolah, penyampaian PHBS dan penyampaian materi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). 2) Hasil implementasi pendidikan akhlak yaitu muncul kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup. 3) Faktor pendukung implementasi akhlak terhadap lingkungan yaitu kesadaran dan kedisiplinan siswa, kebijakan sekolah berdasarkan visi misi sekolah, PHBS selama kegiatan di sekolah, pendidikan lingkungan hidup dari mata pelajaran lain, kajian-kajian keagamaan selama pembelajaran daring, dukungan dari orang tua dan masyarakat. Adapun faktor penghambat yaitu sikap kurang peduli terhadap lingkungan, jam pelajaran terbatas, pembelajaran praktik tidak maksimal, tidak dapat melakukan evaluasi secara langsung.} }