%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD FIKRIN NADHIF, NIM.16420008 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:47535 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Studi Komparasi, Gradasi Materi, Kitab Alfiyyah Ibnu Malik, Kitab al-‘Imriti, Kitab al-Ajurumiyyah %P 138 %T STUDI KOMPARASI MATERI NAHWU DALAM KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK, KITAB AL-‘IMRITI DAN KITAB AL-AJURUMIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47535/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tiga buah kitab nahwu yang sering digunakan yaitu kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-‘Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah yang meliputi gradasi materi, kemudian mengkomparasikan ketiganya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kepustakaan (library research) dengan objek penelitian kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-‘Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik komparasi serta analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-‘Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah ketiganya sama-sama menggunakan faktor tujuan pembelajaran, jika dilihat dari faktor gradasinya, sama-sama menggunakan gradasi lurus dan gradasi gramatis, jika dilihat dari jenis gradasi dan kebahasaanya, sedangkan jika dilihat dari segi kriteria, gradasinya sama-sama menggunakan diskripsi bahasa sasaran yang mana pola susunannya dimulai dari yang umum ke yang khusus, dari sederhana ke yang rumit, bahkan dalam metode pengajarannya sama-sama menggunakan metode deduktif. Namun di sisi lain dari ketiga kitab tersbut juga ditemukan perbedaan, mulai dari penyajian dan sistematika materi kitab Alfiyyah Ibnu Malik, dan kitab al-‘Imrit}i lebih kompleks daripada kitab al-Ajurumiyyah, jika berdasarkan tingkat kecakapan kitab Alfiyyah Ibnu Malik untuk tingkat lanjut, sedangkan kitab al-‘Imrit}i untuk tingkat sedang dan kitab al-Ajurumiyyah untuk tingkat pemula, selain itu khusus dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik juga menggunakan bobot fungsional. %Z Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd