TY - THES N1 - Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd ID - digilib47535 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47535/ A1 - MUHAMMAD FIKRIN NADHIF, NIM.16420008 Y1 - 2021/01/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tiga buah kitab nahwu yang sering digunakan yaitu kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-?Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah yang meliputi gradasi materi, kemudian mengkomparasikan ketiganya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kepustakaan (library research) dengan objek penelitian kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-?Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik komparasi serta analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-?Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah ketiganya sama-sama menggunakan faktor tujuan pembelajaran, jika dilihat dari faktor gradasinya, sama-sama menggunakan gradasi lurus dan gradasi gramatis, jika dilihat dari jenis gradasi dan kebahasaanya, sedangkan jika dilihat dari segi kriteria, gradasinya sama-sama menggunakan diskripsi bahasa sasaran yang mana pola susunannya dimulai dari yang umum ke yang khusus, dari sederhana ke yang rumit, bahkan dalam metode pengajarannya sama-sama menggunakan metode deduktif. Namun di sisi lain dari ketiga kitab tersbut juga ditemukan perbedaan, mulai dari penyajian dan sistematika materi kitab Alfiyyah Ibnu Malik, dan kitab al-?Imrit}i lebih kompleks daripada kitab al-Ajurumiyyah, jika berdasarkan tingkat kecakapan kitab Alfiyyah Ibnu Malik untuk tingkat lanjut, sedangkan kitab al-?Imrit}i untuk tingkat sedang dan kitab al-Ajurumiyyah untuk tingkat pemula, selain itu khusus dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik juga menggunakan bobot fungsional. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Studi Komparasi KW - Gradasi Materi KW - Kitab Alfiyyah Ibnu Malik KW - Kitab al-?Imriti KW - Kitab al-Ajurumiyyah M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARASI MATERI NAHWU DALAM KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK, KITAB AL-?IMRITI DAN KITAB AL-AJURUMIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI) AV - restricted EP - 138 ER -