@phdthesis{digilib47540, month = {October}, title = {EKSPERIMENTASI METODE ISTIQR{\=A}?Y DENGAN PERMAINAN ?KLASIFIKASI GRAMATIKAL? UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAW{\=A}?ID PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM : 16420034 YUSTRIANI}, year = {2020}, note = {Dr. Hj. R. Umi Baroroh S.Ag.,M.Ag}, keywords = {metode istiqr{\=a}{\=i}y, permainan klasifikasi gramatikal, hasil belajar, qaw{\=a}?id bahasa Arab.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47540/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Arab dalam pembelajaran qaw{\=a}?id peserta didik kelas VIII MTsN 4 Sleman Yogyakarta. Oleh karena itu , peneliti menerapkan metode istiqr{\=a}{\=i}y dengan permainan ?klasifikasi gramatikal? dalam pembelajaran qaw{\=a}?id yang bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pembelajaran qaw{\=a}?id menggunakan metode istiqr{\=a}{\=i}y dengan permainan ?klasifikasi gramatikal?. 2) mengetahui efektivitas penggunaan metode istiqr{\=a}{\=i}y dengan permainan ?klasifikasi gramatikal? dalam pembelajaran qaw{\=a}?id Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi ekperimental design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui wawancara, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. dianalisis menggunakan uji mann whitney dan uji N-gain Score dengan spss 24. Hasil analisis menunjukan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan hasil pengujian uji man whitney yang menunjukan nilai Asymp.Sig = 0.000 {\ensuremath{<}} 0,05. Metode istiqr{\=a}{\=i}y dengan permainan klasifikasi gramatikal lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar qaw{\=a}?id. Hal ini berdasarkan pada analisis data Uji T independent sampels test N-gain menunjukan nilai sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari {\ensuremath{<}}0,05, dan nilai rata-rata N-gain kelas kontrol 32,08 \% termasuk kategori tidak efektif. Dan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen 64,75\% termasuk kategori efektif. Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode istiqr{\=a}{\=i}y dengan permainan klasifikasi gramatikal efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar qaw{\=a}?id peserta didik kelas VIII MTsN 4 Sleman.} }