TY - THES N1 - Dr. Hj. R. Umi Baroroh S.Ag.,M.Ag ID - digilib47540 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47540/ A1 - YUSTRIANI, NIM : 16420034 Y1 - 2020/10/01/ N2 - Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Arab dalam pembelajaran qaw??id peserta didik kelas VIII MTsN 4 Sleman Yogyakarta. Oleh karena itu , peneliti menerapkan metode istiqr??y dengan permainan ?klasifikasi gramatikal? dalam pembelajaran qaw??id yang bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pembelajaran qaw??id menggunakan metode istiqr??y dengan permainan ?klasifikasi gramatikal?. 2) mengetahui efektivitas penggunaan metode istiqr??y dengan permainan ?klasifikasi gramatikal? dalam pembelajaran qaw??id Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi ekperimental design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui wawancara, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. dianalisis menggunakan uji mann whitney dan uji N-gain Score dengan spss 24. Hasil analisis menunjukan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan hasil pengujian uji man whitney yang menunjukan nilai Asymp.Sig = 0.000 < 0,05. Metode istiqr??y dengan permainan klasifikasi gramatikal lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar qaw??id. Hal ini berdasarkan pada analisis data Uji T independent sampels test N-gain menunjukan nilai sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari <0,05, dan nilai rata-rata N-gain kelas kontrol 32,08 % termasuk kategori tidak efektif. Dan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen 64,75% termasuk kategori efektif. Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode istiqr??y dengan permainan klasifikasi gramatikal efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar qaw??id peserta didik kelas VIII MTsN 4 Sleman. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - metode istiqr??y KW - permainan klasifikasi gramatikal KW - hasil belajar KW - qaw??id bahasa Arab. M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI METODE ISTIQR??Y DENGAN PERMAINAN ?KLASIFIKASI GRAMATIKAL? UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAW??ID PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 AV - restricted EP - 198 ER -