@phdthesis{digilib47542, month = {December}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII MTs TARUNA AL-QUR?AN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {Nim: 16420047 Umi Khotijah}, year = {2020}, note = {Nisa Syuhda, S.S., M.Hum}, keywords = {Media Permainan, Kotak dan kartu misterius (KOKAMI), Keaktifan Belajar Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47542/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Taruna Al-Qur?an Yogyakarta. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media permainan kotak dan kartu misterius dalam proses pembelajaran bahasa Arab yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui keaktifan belajar bahasa Arab siswa setelah diterapkannya media permainan Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) di kelas VII MTs Taruna Al-Qur?an Yogyakarta. 2) Mengetahui perbedaan keaktifan belajar bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah diterapkannya media kotak dan kartu misterius (KOKAMI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui instrumen observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan uji paired sample t test dan independent sample t test dengan bantuan SPSS 16 , setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keaktifan belajar bahasa Arab meningkat setelah diterapkannya media permainan kotak dan kartu misterius (KOKAMI). Hal ini bedasarkan hasil uji paired sample t test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 berarti Ha diterima, dengan ini data dinyatakan signifikan. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada keaktifan belajar bahasa Arab siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini bedasarkan hasil uji independent sample t test yang menunjukkan signifikansi sebesar post-eksperimen 0,017{\ensuremath{<}} 0,05 dan nilai sig.(2-tailed) post-kontrol yaitu 0,017{\ensuremath{<}}0,05 berarti Ha diterima. Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media permainan kotak dan kartu misterius (KOKAMI) efektif terhadap keaktifan belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Taruna Al-Qur?an Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021.} }