@mastersthesis{digilib47573, month = {August}, title = {INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN NAHWU DI PESANTREN DARUL MUSLIHIN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 18204021016 Ayu Fajar Wati}, year = {2021}, note = {Dr. Maksudin, M.Ag}, keywords = {Integrasi, Nilai-nilai Karakter, Ilmu Nahwu}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47573/}, abstract = {Salah satu tujuan dari kegiatan pendidikan yaitu menciptakan generasi bangsa yang bermartabat. Hal ini mengindikasikan bahwa dengan menjalankan kegiatan pendidikan, maka permasalahan krisis moral yang ada di masyarakat harusnya dapat terselesaikan dengan baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu 1) mengetahui integrasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Darul Muslihin. 2) mengetahui implementasi integrasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Darul Muslihin. 3) mengetahui permasalahan apa yang muncul dalam integrasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Darul Muslihin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Integrasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran ilmu nahwu di Pesantren Darul Muslihin dilakukan dengan beberapa cara; pertama, nilai kejujuran diintegrasikan dengan mendorong para santri untuk tidak mencontek terutama pada saat pembelajaran ilmu nahwu. Kedua, nilai tanggungjawab dintegrasikan dengan memberikan dorongan kepada para santri untuk bertanggungjawab pada pendapat yang diberikan seluruh perilaku yang dilakukan di kelas. Ketiga, nilai kreativitas dintegrasikan dengan memberikan kebebasan kepada para santri untuk menggunakan kreatifitasnya dalam mempelajari ilmu nahwu. Keempat, nilai toleransi dintegrasikan dengan memberikan kesempatan yang sama kepada semua santri untuk bertanya dan berdiskusi tanpa membeda-bedakan satu sama lain. 2) Implementasi integrasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Darul Muslihin dilakukan dengan menyelipkan nilai-nilai karakter pada setiap sisi pembelajaran ilmu nahwu. 3) Permasalahan dalam integrasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Darul Muslihin yaitu adanya permasalahan teknis dalam proses pembelajaran ilmu nahwu yang mengakibatkan kondisi kelas menjadi tidak kondusif. Permasalahan tersebut berdampak pada proses integrasi nilai-nilai karakter pembelajaran ilmu nahwu di Pondok Pesantren Darul Muslihin Yogyakarta. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu menciptakan kondisi kelas yang kondusif terlebih dahulu agar proses integrasi dapat berjalan dengan optimal.} }