TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Ahzab Muttaqin ID - digilib4761 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4761/ A1 - SARTIMAH - NIM. 96423365, Y1 - 2010/08/02/ N2 - Tujuan SD Qurrota A'yun adalah menyeimbangkan antara IPTEK dan IMTAK atau menyeimbangkan pengetahuan umum dan diniyah. Dan yang menjadi tujuan pengajaran bahasa si SD tersebut adalah agar dapat dihasilkan kemampuan siswa secara tulis dan lisan baik secara aktif maupun pasif. Pengajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan agar murid dapat menguasai secara aktif perbendaharaan kata Arab fusha sebanyak lebih kurang 300 kata dan ungkapan dalam bentuk dan pola kalimat dasar, dengan demikian murid diharapkan dapat mengadakan komunikasi sederhana dalam bahasa Arab dan memahami bacaan-bacaan sederhana dalam teks itu. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Qurrota A'yun, guru bidang studi bahasa arab, karyawan tata usaha, siswa kelas IV, dan penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode kuesioner, metode dokumentasi, dan metode test. Untuk menganalisa data yang bersifat kuantitatif menggunakan rumus statistic dalam bentuk table frekuensi dan prosentasi dengan menggunakan rumus. Sedang untuk data kualitatif dianalisa menggunakan kata-kata dengan memakai metode induktif. Dalam pengajaran membaca terdapat metode pokok yang diterapkan pada SD Qurrota A'yun yaitu: 1. Metode Takibiyah yang terdiri dari dua metode yaitu metode abjadiyah yakni guru mengajarkan bahasa arab dari huruf hijaiyah kemudian dirangkai dalam kata-kata, dan metode shoutiyah yakni guru mengajarkan bahasa arab dengan penekanan pada pengajaran bunyi. 2. Metode tahliliyah terdiri dari dua metode yaitu metode kalimah yakni guru mngucapkan kata dengan jelas kemudian siswa menganalisa kata tersebut sambil dieja sampai siswa memahami secara keseluruhan, dan metode jumlah yakni guru mendikte kalimat pendek dan siswa menulisnya kemudian menyuruh siswa menirukan guru secara bergantian. Hasil belajar yang dicapai siswa kelas IV SD Qurrota A'yun atas penerapan metode membaca menunjukkan hasil cukup, yang dibuktikan dari hasil test membaca siswa dengan nilai rata-rata 6.83. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - aplikasi metode membaca KW - belajar mengajar KW - bahasa Arab M1 - skripsi TI - APLIKASI METODE MEMBACADALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS IV SD QURROTA A'YUN BABADAN GEDONG KUNING YOGYAKARTA AV - restricted ER -