%A NIM.: 1520510046 Reza Adeputra Tohis %O Pembimbing: Dr. H. Zuhri, M.Ag %T ISLAM PROGRESIF (Telaah Sosial Gagasan-Gagasan Keislaman Tan Malaka) %X Realitas sosial umat Muslim kontemporer ditandai dengan dominasi sistem sosial kapitalisme. Sebagai realitas, sistem ini memaksa setiap individu maupun kelompok Muslim untuk hidup berdasarkan mekanisme kapitalisme. Peristiwa 11 September 2001 yang teridentifikasi dilakukan oleh gerakan Islamisme tertentu adalah produk nyata dari mekanisme tersebut, berikut respon gerakan-gerakan Islam lainnya terhadap Islamisme itu sendiri. Sistem sosial kapitalisme telah mensituasikan dinamika gerakan-gerakan Islam baik yang radikal, moderat, maupun liberal. Dominasi sistem sosial kapitalisme dan dinamika gerakan Islam tersebut menjadi problem-problem sekaligus pemicu keberadaan Islam Progresif. Problem-problem itulah yang menjadi landasan penulis untuk mengasumsikan bahwa gagasan-gagasan keislaman Tan Malaka memiliki karakter Islam Progresif. Selain itu, gagasan-gagasan keislaman Tan Malaka juga sesuai dengan agenda-agenda Islam Progresif yakni, merumuskan metode berpikir berbasis realitas, rekonseptualisasi tauhid, menciptakan keadilan sosial, menegakan Hak Asasi Manusia (HAM), kesetaraan gender, pluralisme, dan menghidupkan persatuan umat. Untuk membuktikan asumsi tersebut, penulis merumuskan dua permasalahan pokok yakni, apa realitas eksternal Islam Progresif Tan Malaka? Bagaimana proses objektivasi dan internalisasi gagasan-gagasan keislaman Tan Malaka? Ini dijawab dengan menggunakan dua teori yakni, teori Islam Progresif dan teori sosiologi pengetahuan. Teori pertama digunakan untuk membidik gagasan-gagasan keislaman Tan Malaka. Sedangkan teori kedua difungsikan sebagai pendekatan analisis (ekternalisasi, objektivasi, dan internalisasi). Kesimpulan penelitian ini adalah: Pertama, eksternalitas Islam progresif Tan Malaka adalah sistem sosial kapitalisme, dinamika Islam Politik Modern, dan Marxisme. Kedua, proses objektivasi Islam progresif Tan Malaka berlangsung dalam lembaga pemerintah Hindia Belanda, Partai Komunis Indonesia (PKI), Komunis Internasional (Komintern) dan Persatuan Perjuangan (PP). Ketiga, internalisasi Islam progresif Tan Malaka adalah MADILOG sebagai metode pemikiran Islam Progresif, tauhid sebagai fondasi keadilan sosial, keadilan sosial sebagai fondasi Hak Asasi Manusia (HAM), kesetaraan gender, pluralisme, dan kesatuan umat. %K sistem sosial kapitalisme; sosiologi pengetahuan; MADILOG; Marxisme %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47638