TY - BOOK CY - Yogyakarta ID - digilib47657 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47657/ A1 - Sukiman, - Y1 - 2018/// N2 - Implementasi kurikulum pada lembaga pendidikan MI juga menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif. Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor 481 Tabun 2015 terdapat sejumlah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Daerah Istimewa (D.I.) Yogyakarta yang ditetapkan menjadi madrasah pendamping implementasi Kurikulum 2013 yang menerapkan model pembelajaran tematik integratif. Pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di MIN-MIN pelaksana Kurikulum 2013 masih mengalami sejumlah persoalan. Diantara persoalan tersebut adalah masalah kesiapan guru. Ada sebagian guru yang masih mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran dengan model tematik integratif tersebut baik ketika menyusun persiapan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, maupun ketika melak - sanakan penilaian. Persoalan kedua adalah dampak penerapan model pembelajaran tematik integratif tersebut bagi pengembangan kompetensi peserta didik. Dari sisi pengembangan kompetensi sikap dan keterampilan cukup baik, tetapi dari sisi pengembangan penguasaan konsep kurang baik. Menurut pengalaman guru dengan pola pembelajaran tematik terpadu penguasaan konsep peserta didik tidak lebih baik dibandingkan dengan pola pembelajaran terpisah (pembelajaran berdasarkan mata pelajaran/bidang studi) PB - Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pembelajaran Tematik Integratif; Kurikulum SN - 978-623-91349-5-2 TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF AV - restricted EP - 108 ER -