TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Moch. Fuad. ID - digilib4768 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4768/ A1 - TRI YULITA WIJAYANTI - NIM. 92412252, Y1 - 2010/08/02/ N2 - PAI sebagai salah satu program pengajaran di sekolah, tak kurang perlunya terhadap lingkungan sekolah. Karena kadang-kadang terjadi kontradiksi antara materi-materi PAI dengan kondisi lingkungan sekolah sehingga menghambat pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam. Problem lain yang cukup signifikan dalam menghambat program PAI ialah pengaruh perubahan lingkungan global di luar tembok sekolah. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari pola hubungan Tri Pusat Pendidikan yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Obyek dalam penelitian ini adalah tentang masalah-masalah lingkungan sekolah dalam hubungannya dengan PAI. Sumber data berupa buku-buku tentang pemberdayaan lingkungan sekolah dalam kaitannya dengan PAI. Analisis yang disajikan dalam penelitian ini adalah diskriptif analisis, dan cara kerja analisa penelitian ini dengan metode deduksi dan induksi. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap proses pembelajaran PAI ditentukan oleh perencanaan pendidikan yang dibuat sekolah serta usaha konkrit penanaman nilai-nilainya di sekolah oleh seluruh unsur pendidikan di lingkungan dengan suri teladan dan pergaulan yang mendidik. Faktor yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah dalam perspektif PAI meliputi unsur manusiawi, material, fasilitas dan perlengkapan serta prosedur yang sejalan dengan nilai-nilai Islam, sehingga lingkungan sekolah dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran PAI. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - lingkungan sekolah KW - perspektif Pendidikan Agama Islam (PAI) M1 - skripsi TI - MEMBERDAYAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted ER -