%A - Sukiman %A - Fatlud Rozi %T Penilaian Autentik pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan Perguruan Tinggi di Indonesia %X Authentic assessment adalah respon terhadap tantangan zaman dalam dunia pendidikan. Penilaian autentik melalui pendekatan saintifik adalah jalan untuk mempertemukan konsep, teori, gagasan dalam ranah kognitif (pengetahuan) dengan ranah afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan), sehingga tujuan umum dari perubahan ini adalah peningkatan mutu pembelajaran. Dalam karya ilmiah ini akan membahas tentang authentic assessment pada DIKDASMEN dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Penulisan didalam karya ilmiah ini merupakan hasil dari penelitian library research, dimana peneliti menggunakan sumber-sumber literasi yang mendukung materi. Adapun peneliti menemukan kesesuaian penilaian asesmen ini dengan apa yang dibutuhkan di era zaman sekarang ini, akan tetapi dalam prakteknya masih terjadi beberapa kekurangsesuaian terhadap tujuan dari authentic assessment sendiri. Seperti dalam ranah kognitif peserta didik mampu menguasai dengan baik materi sholat, tetapi dalam kehidupan sehari-harinya dalam ranah keterampilan yaitu mempraktekkan sholat masih terdapat kesalahan, juga dalam ranah afektif (sikap) substansi dari sholat juga belum memberikan perubahan dampak yang baik dalam kehidupan keseharian. %K Penilaian; Pendidikan Dasar; Pendidikan Menengah; Pendidikan Tinggi %D 2020 %C Yogyakarta %I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib47684