%A NIM. 00430152 Maftuhatul Muna %O Pembimbing : Dra. Sri Wardani, M.Pd., %T PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MENURUT TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME %X Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar 2. Pembelajaran matematika dengan teori belajar konstruktivisme memandang siswa sebagai individu yang selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai bagi dirinya. Guru hanyalah berfungsi sebagai mediator, fasilitator, dan ternan yang membuat situasi yang kondusif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan pada diri siswa. Dalam pembelajaran model ini, siswa lebih diutamakan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan. mereka melalui asimilasi dan akomodasi. Oleh karena itu, guru harus mampu melayani berbagai karakteristik siswa, paling tidak terdapat 3 golongan siswa, yaitu golongan yang kecepatan belajamya tinggi, sedang dan rendah. 3. Dal am ha! pelayanan terhadap siswa yang mempunyai kecepatan belajar berbeda, guru perlu terus mengasah kemampuan mengembangkan bahanĀ­bahan belajar yang bervariasi, sesuai dengan kelompok siswa yang ada. 4. Pembelajaran matematika dalam kurikulum berbasis kompetensi menuntut kemampuan guru yang lebih profesional dalam bidangnya. Guru juga dituntut untuk terampil memilih strategi, pendekatan dan metode yang dapat membangkitkan motivasi anak selama pembelajaran berlangsung. %K Pembelajaran Matematika, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Teori Belajar Konstruktivisme %D 2005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47712