TY  - RPRT
CY  - Yogyakarta
ID  - digilib47725
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47725/
A1  - Sukiman, -
Y1  - 2020///
N2  - Program Studi Pendidikan Agama Islam secara umum memiliki misi dan tujuan 
mendidik calon pendidik/guru profesional agama Islam di madrasah/sekolah. Misi dan tujuan 
tersebut dapat tercapai dengan baik, jika didukung dengan rancangan kurikulum yang baik yang
relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini serta kualitas proses pembelajaran dan penilaian 
yang dilakukan dengan baik. Kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian merupakan tiga 
dimensi dari sekian banyak dimensi yang sangat penting dalam pendidikan. Ketiga dimensi 
tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Kurikulum merupakan penjabaran 
tujuan pendidikan yang menjadi landasan proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan 
upaya yang dilakukan pendidik untuk mencapi tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum. 
Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat 
pencapaian kurikulum. Penilaian juga digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan 
yang ada dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan 
keputusan, misalnya apakah proses pembelajaran sudah baik dan dapat dilanjutkan atau masih 
perlu perbaikan dan penyempurnaan. Oleh sebab itu di samping kurikulum yang cocok dan 
proses pembelajaran yang benar perlu ada sistem penilaian yang baik dan terencana. Amri 
menyatakan bahwa upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui 
peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas penilaian
PB  - PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA
KW  - Penilaian Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
M1  - project_report
TI  - SISTEM PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
AV  - public
EP  - 16
ER  -