%0 Thesis %9 Skripsi %A Alfi Fauziati, NIM. 00440420 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2005 %F digilib:47727 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Senyawa kimia, metode menghafal, quantum learning. %P 117 %T PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL NAMA-NAMA SENYAWA KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DAN METODE MENGHAFAL KLASIK:STUDI KASUS KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2004/2005 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47727/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikans antara penerapan metode quantum learning dan metode menghafal klasik terhadap kemampuan menghafal siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Y ogyakarta III Tahun Ajaran 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III yang terdiri dari 5 kelas, denganjumlah siswa 157. Sampel diambil dengan menggunakan purpossive random sampling, sebanyak 2 kelas yaitu kelas XA dan XC. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggi.makan metode dokumentasi dan tes. Analisis instrumen yang berupa tes meliputi uji validasi dan uji reliabilitas, dengan menggunakan rumus point biserial dan diperoleh r11 = 0,8220. Untuk melihat ada tidaknya perbedaan yang signifikans antara kemampuan siswa dalam menghafal dengan menggunakan metode quantum learning dan metode menghafal klasik dilakukan perhitungan statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikans antara penerapan metode quantum learning dengan metode menghafal klasik terhadap kemampuan menghafal nama-nama senyawa kimia siswa dengan harga t,, = 5,105 pada p:,; 0,05. Adapun harga rerata sesuaian kemampuan menghafal nama-nama senyawa kimia siswa untuk kelas yang menggunakan metode quantum learning sebesar 77,759, kelas yang menggunakan metode menghafal klasik sebesar = 57,500. %Z Pembimbing : Dra. Das Salirawati, M.Si