@phdthesis{digilib47737, month = {September}, title = {PROBLEMATIKA PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA (BAHASA ARAB) DALAM PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK KELAS V MI MIFTAHUL FALAH TAHUN AJARAN 2020/2021}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 15420068 Ahmad Solkan}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si}, keywords = {Problematika, Psikolinguistik, Pemerolehan Bahasa, Faktor-Faktor}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47737/}, abstract = {Latar belakang masalah pada penelitian ini, sewaktu peneliti melakukan observasi pendahuluan di MI Miftahul Falah khususnya kelas V terdapat fenomena yang menarik. Di mana siswa yang meganggap bahasa Arab sebagai momok. Dalam pembelajaran mereka terlihat kurang motivasi. Penulis berpikir bagaimana jika mereka menguasai bahasa kedua mereka dengan komunikasi. Lewat pemerolehan. Sebab, penguasaan bahasa Arab lewat belajar kaidah-kaidah peneliti kira kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui problematika pemerolehan bahasa khususnya bahasa Arab di MI Miftahul Falah khususnya kelas V. Selain untuk mengetahui probelmatika, penelitian ini juga mengurai, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa kedua (bahasa Arab) di MI Miftahul Falah. Jenis penelitian ini yakni masuk dalam penelitian kualitatif di mana pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data ada empat yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan intrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bila pemerolehan bahasa kedua selaras dengan teori perkembangan bahasa. Mulai dari pandangan nativisme, behaviorisme dan kogntivisme. Namun bagaimana dengan problematikanya. Problematika pemerolehan bahasa di MI Miftahul Falah terjadi karena filter afektif mengganggu pemerolehan bahasa kedua anak, siswa masih menggunakan bahasa ibu daripada bahasa Arab dan pemerolehan bahasa pada kelas tinggi relatif lebih bisa dipahami daripada kelas rendah. xi Selain itu ada beberapa faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa di antaranya faktor biologis, lingkungan, intelegensi, motivasi, usia dan bahasa pertama.} }