%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Afifah Ainun Nadjla, NIM.: 16600083
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2021
%F digilib:47740
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K LKPD Matematika, Pendekatan Saintifik, Kemampuan  Berpikir Kritis, Perbandingan.
%P 382
%T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP/MTs
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47740/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar  Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika dengan pendekatan saintifik untuk  memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII materi  perbandingan. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research  and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan Richey and  Klein yang terdiri dari tahap perencanaan, produksi, dan evaluasi. Instrumen  pengumpul data penelitian adalah skala penilaian LKPD untuk ahli materi dan ahli  media. Teknik pengumpulan data adalah pengisian skala penilaian LKPD oleh  ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data penelitian adalah analisis hasil  ahli materi dan ahli media. Kriteria ketercapaian kualitas LKPD ini adalah valid  apabila memperoleh kategori baik atau sangat baik dari penilaian ahli materi dan  ahli media.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas LKPD matematika berbasis  penemuan terbimbing tergolong dalam kategori sangat baik dengan spesifikasi  skor rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 186,5 dari skor maksimal  ideal 192 dan tergolong dalam kategori sangat baik dengan spesifikasi skor ratarata  penilaian validator ahli media sebesar 60 dari skor maksimal ideal 72.  Berdasarkan hal ini, produk LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing  dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
%Z Pembimbing : Raekha Azka, M. Pd