TY - THES N1 - Pembimbing : Raekha Azka, M. Pd ID - digilib47740 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47740/ A1 - Afifah Ainun Nadjla, NIM.: 16600083 Y1 - 2021/10/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII materi perbandingan. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan Richey and Klein yang terdiri dari tahap perencanaan, produksi, dan evaluasi. Instrumen pengumpul data penelitian adalah skala penilaian LKPD untuk ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data adalah pengisian skala penilaian LKPD oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data penelitian adalah analisis hasil ahli materi dan ahli media. Kriteria ketercapaian kualitas LKPD ini adalah valid apabila memperoleh kategori baik atau sangat baik dari penilaian ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing tergolong dalam kategori sangat baik dengan spesifikasi skor rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 186,5 dari skor maksimal ideal 192 dan tergolong dalam kategori sangat baik dengan spesifikasi skor ratarata penilaian validator ahli media sebesar 60 dari skor maksimal ideal 72. Berdasarkan hal ini, produk LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - LKPD Matematika KW - Pendekatan Saintifik KW - Kemampuan Berpikir Kritis KW - Perbandingan. M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP/MTs AV - restricted EP - 382 ER -