eprintid: 47740 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/77/40 datestamp: 2022-01-03 07:36:30 lastmod: 2022-01-03 07:36:30 status_changed: 2022-01-03 07:36:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Afifah Ainun Nadjla, NIM.: 16600083 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP/MTs ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: LKPD Matematika, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis, Perbandingan. note: Pembimbing : Raekha Azka, M. Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII materi perbandingan. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan Richey and Klein yang terdiri dari tahap perencanaan, produksi, dan evaluasi. Instrumen pengumpul data penelitian adalah skala penilaian LKPD untuk ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data adalah pengisian skala penilaian LKPD oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data penelitian adalah analisis hasil ahli materi dan ahli media. Kriteria ketercapaian kualitas LKPD ini adalah valid apabila memperoleh kategori baik atau sangat baik dari penilaian ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing tergolong dalam kategori sangat baik dengan spesifikasi skor rata-rata penilaian validator ahli materi sebesar 186,5 dari skor maksimal ideal 192 dan tergolong dalam kategori sangat baik dengan spesifikasi skor ratarata penilaian validator ahli media sebesar 60 dari skor maksimal ideal 72. Berdasarkan hal ini, produk LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. date: 2021-10-28 date_type: published pages: 382 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Afifah Ainun Nadjla, NIM.: 16600083 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47740/1/16600083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47740/2/16600083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf