%A NIM. '00460383 Muhammad Subagyo Sugiarto %O Warsono, S.Pd, M.Si. %T PEMBUATAN BAHAN AJAR FISIKA POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRI BERBASIS KOMPUTER UNTUK SISWA SMP/SEDERAJAT %X Penelitian ini bertujuan merancang, membuat, dan menguji kelayakan Bahan Ajar Fisika Pokok Bahasan Optika Geometri Berbasis Komputer untuk Siswa SMP I Sederajat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik literatur dan teknik angket. Teknik literatur digunakan dalam tahap Design dan tahap Development. Teknik angket digunakan dalam tahap Analysis dan tahap Implementation. Tahap Analysis dalam penelitian ini melibatkan subjek uji materi berupa materi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Pokok Bahasan Optika Geometri dengan subjek uji kebutuhan berupa 7 orang guru fisika dari 5 SL TP di Kodya Y ogyakarta. Hasil olah data terhadap angket yang digunakan pada tahap Analysis dimanfaatkan sebagai referensi tahap Design dan Tahap Development. Tahap Design digunakan sebagai referensi tahap Development. Tahap Development menerjemahkan flowchart yang dibuat dalam tahap Design. Tahap Implementation dilakukan untuk menguji kelayakan software hasil penelitian sebagai sebuah media ajar fisika berbasis komputer untuk tingkat SMP I Sederajat. Teknik angket yang digunakan dalam tahap ini adalah angket black block test dan angket alpha test. Subjek penelitian dengan menggunakan angket black block test adalah 7 orang guru dari sejumlah SLTP I Sederajat di Kodya Y ogyakarta. Subjek penelitian dengan menggunakan angket alpha test adalah 40 orang siswa SL TP I Sederajat di Kodya Y ogyakarta. Tahap Evaluation ditandai dengan penggunaan software hasil penelitian dalam kegiatan belajar klasikal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa telah dapat dibuat sebuah software fisika interaktif dengan memanfaatkan software Macromedia Flash MX 2004 sebagai respon terhadap fakta bahwa 100 % responden angket guru dalam penelitian ini yang menyatakan perlu adanya bahan ajar fisika berbasis komputer. Kelayakan software hasil penelitian sebagai bahan ajar fisika berbasis komputer ditetapkan berdasarkan olah data terhadap angket black block test dan angket alpha test. 92, 26 % dari responden angket black block test menyatakan bahwa software hasil penelitian telah sesuai dengan materi kurikulum yang sedang berlaku sehingga layak digunakan sebagai media ajar fisika. 94, 83 % dari responden angket alpha test menyatakan bahwa software hasil penelitian telah sesuai dengan materi kurikulum yang sedang berlaku dan membantu siswa dalam memahami materi ajar fisika pokok bahasan optika geometri sehingga layak digunakan sebagai media belajar fisika. %K ADDIE, Bahan Ajar Fisika, %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47743