@phdthesis{digilib47746, title = {EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM : TELAAH ATAS PEMIKIRAN SYED M NAQUIB AL-ATTAS}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 00470475 Andi Pratama}, year = {2004}, note = {Pembimbing : Drs. Abdurrachman Assegaf, M.Ag,}, keywords = {Epistemologi Pendidikan Islam, Syed M Naquib Al-Attas}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47746/}, abstract = {Konsep pemikiran al-Attas tentang epistemologi lebih mementingkan pada wilayah sistern dan metode, sedangkan dalam wilayah filosofis, yang merupakan wilayah untuk mendeskripskan secara detail keabsahab atu kebenaran ilmu pengetahuan, kurang beliau kaji secara mendalam. Kalaupun toh beliau menyinggtmg, sebatas hukum universal bahwa ilmu pengetahuan itu secara mutlak kebenarannya hanya dari Allah. Dari kaca mata sistemik, al-Attas sangat detail sekali menggambarkan hierarki keilmuan mulai dari tingkatan-tingkatan keihnuan dasar hingga Ian.jut, sampai kemudian Ia menarik ke hierarki keilmuan secara garis besar yang dirumuskannya dalam dua bagian yakni keilmuan fardhu ain, sebagai yang utama dan fardhu kifayah, sebagai pelengkap. b. Dalam wilayah metode, yang merupakan bagian menonjol kajian epistemologi, al-Attas sedikit berbeda, meskipun esensmya sama, dengan keterangan wnum cara memperoleh ilmu pengetahuan di dalam epistemologi Islam.} }