eprintid: 47746 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/77/46 datestamp: 2021-12-14 08:47:12 lastmod: 2021-12-14 08:47:12 status_changed: 2021-12-14 08:47:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Andi Pratama, NIM. 00470475 title: EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM : TELAAH ATAS PEMIKIRAN SYED M NAQUIB AL-ATTAS ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Epistemologi Pendidikan Islam, Syed M Naquib Al-Attas note: Pembimbing : Drs. Abdurrachman Assegaf, M.Ag, abstract: Konsep pemikiran al-Attas tentang epistemologi lebih mementingkan pada wilayah sistern dan metode, sedangkan dalam wilayah filosofis, yang merupakan wilayah untuk mendeskripskan secara detail keabsahab atu kebenaran ilmu pengetahuan, kurang beliau kaji secara mendalam. Kalaupun toh beliau menyinggtmg, sebatas hukum universal bahwa ilmu pengetahuan itu secara mutlak kebenarannya hanya dari Allah. Dari kaca mata sistemik, al-Attas sangat detail sekali menggambarkan hierarki keilmuan mulai dari tingkatan-tingkatan keihnuan dasar hingga Ian.jut, sampai kemudian Ia menarik ke hierarki keilmuan secara garis besar yang dirumuskannya dalam dua bagian yakni keilmuan fardhu ain, sebagai yang utama dan fardhu kifayah, sebagai pelengkap. b. Dalam wilayah metode, yang merupakan bagian menonjol kajian epistemologi, al-Attas sedikit berbeda, meskipun esensmya sama, dengan keterangan wnum cara memperoleh ilmu pengetahuan di dalam epistemologi Islam. date: 2004 date_type: published pages: 109 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Andi Pratama, NIM. 00470475 (2004) EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM : TELAAH ATAS PEMIKIRAN SYED M NAQUIB AL-ATTAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47746/1/00470475_Bab%20I_Bab%20V_Pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47746/2/00470475_Bab%20II_Bab%20III_Bab%20IV.pdf