%A NIM.: 17104010017 Khopi Syiarul Aziz %O Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si %T PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SECARA DARING BAGI SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini adalah pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia. Sehingga menuntut pembelajaran dilaksanakan secara daring. Tentu bukan hal yang mudah untuk menerapkan pembelajaran sistem daring, terlebih untuk mengajarkan mata pelajaran SKI pada siswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang strategi pembelajaran sejarah kebudayaan islam secara daring bagi siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah :1) Strategi pembelajaran SKI secara daring bagi siswa tunanetra yaitu: strategi pembelajaran braille , strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran mandiri. strategi pembelajaran braile yaitu perencanaan dan pelaksanaan dalam strategi pembelajaran membaca braille permulaan. Strategi pembelajaran tidak langsung ini pembelajaran berpusat pada peserta didik sedangkan pendidik bertindak sebagai fasilitator. Strategi pembelajaran interaktif ini menekankan pada pembelajaran diskusi yang sering dilakukan antara peserta. Strategi pembelajaran mandiri bertujuan membangun inisiatif kemandirian dan peningkatan diri. 2) Implementasi strategi pembelajaran SKI secara daring pada siswa tunanetra yaitu: menggunakan strategi pembelajaran yang variatif dan mengkombinasikan dengan keadaan. 3) Media pembelajaran apa yang digunakan dalam pembelajaran SKI secara daring pada siswa tunanetra yaitu: menggunakan screen reader, zoom, google classroom dan braille 4) Implementasi media pembelajaran SKI secara daring pada siswa tunanetra yaitu Fitur screen reader dapat membacakan apa yang ada dilayar untuk disampaikan kepada mereka, sehingga peserta didik yang mengalami tunanetra dapat menerima pesan dengan baik. Sealin itu, untuk pertemuan synchronous dilakukan dengan virtual melalui aplikasi zoom serta untuk memperoleh materi maupun tugas dari pendidik digunakan aplikasi google classroom. %K Media Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Strategi %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47751