%A NIM.: 17104010021 Mohammad Ilham Al Ghifary %O Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi. MA %T PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG DI ERA PANDEMI COVID-19 %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya keberhasilan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh motivasi yang ada pada dirinya. Pembelajaran akan berlangsung efektif apabila siswa memiliki motivasi dalam belajar. Namun, pada kenyataannya motivasi belajar siswa menurun pada saat dilakukannya pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Google Classroom. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 dan Bagaimana dampaknya terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi belajar jarak jauh dengan google classroom pada mata pelajaran PAI dan menganalisis dampak pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 4 Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran PAI kelas IX berjumlah 1 orang, orang tua siswa berjumlah 2 orang, dan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung berjumlah 3 orang. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pertama, implementasi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Google Classroom meliputi pembentukan kelas, penggunaan fitur, dan evaluasi pada mata pelajaran PAI kelas IX belum efektif dilakukan. Hal tersebut dikarenakan masih kurang maksimalnya dalam menggunakan media pembelajaran daring sebagai sarana belajar mengajar. 2). Kedua, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Google Classroom memberikan dampak negatif terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perubahan perilaku pada siswa, menurunnya keaktifan siswa dalam mengumpulkan tugas, dan juga nilai siswa yang dibawah rata-rata. %K Pembelajaran Jarak Jauh, Google Classroom, Motivasi Belajar %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47752