eprintid: 47753 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/77/53 datestamp: 2022-01-03 07:37:03 lastmod: 2022-01-03 07:37:03 status_changed: 2022-01-03 07:37:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ficki Presilla, NIM.: 17104010036 title: PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK UNTUK MENGERJAKAN TUGAS PAI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI RT 25 RW 08 SAPEN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Bentuk Peran Bimbingan Orang Tua, Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covi-19. note: Pembimbing : Dra. Yuli Kuswandari, M. Hum abstract: Latar Belakang penelitian ini adalah ketika maraknya pandemi Covid-19 yang mulai memasuki di Negara Indonesia. Pandemi ini mengubah semua proses pembelajaran menjadi daring (pembelajaran jarak jauh). Tentu bukan hal mudah untuk semua orang tua dapat membimbing anaknya dalam proses pembelajaran daring tersebut. Karena sangat berat untuk membimbing anak di proses pembelajaran daring ini, harus bisa mengerti semua pelajaran dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang peran orang tua dalam membimbing anak untuk mengerjakan tugas PAI selama pembelajaran daring beserta faktor pendukung dan penghambat dalam membimbing anak untuk mengerjakan tugas PAI selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun subjek yang diambil dari penelitian tersebut yaitu warga di Wilayah Sapen RT 5 RW 08. Hasil penelitian ini adalah: mengetahui bentuk-bentuk peran orang tua dalam membimbing anak untuk mengerjakan tugas PAI selama pembelajaran daring, adapun bentuk peran orang tua yang diperoleh meliputi 1) orang tua sebagai motivator, 2) orang tua sebagai guru, 3) orang tua sebagai fasilitator, 4) orang tua sebagai pengawas, 5) serta orang tua sebagai pendamping. Selain mengetahui bentuk peran orang tua juga terdapat faktor yang dialami oleh orang tua selama pembelajaran daring ini, adapun faktor yang dapat mendukung dalam pembelajaran daring meliputi, 1) Orang tua memberikan fasilitas dan, 2) Bentuk perhatian orang tua kepada anak. Dalam melaksanakan kegiatan belajar daring terkadang muncul beberapa kendala yang berasal dari diri orang tua dan anak itu sendiri. Adapun faktor penghambat yang dialami oleh orang tua seperti, 1) kendala terbatasnya kemampuan berfikir, 2) kesibukan orang tua, serta 3) paket Internet. Sedangkan faktor penghambat dari dalam diri anak itu sendiri meliputi kondisi anak yang terkadang kurang fokus dalam belajar. Meskipun demikian orang tua selalu berusaha untuk tetap memberikan peran pendampingan belajar kepada anak. date: 2021-10-19 date_type: published pages: 178 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ficki Presilla, NIM.: 17104010036 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK UNTUK MENGERJAKAN TUGAS PAI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI RT 25 RW 08 SAPEN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47753/1/17104010036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47753/2/17104010036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf