%A NIM. 01410549 Agung Nugroho %O Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si. %T FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN DISIPLIN GURU %X Fungsi Kepala Sekolah sebagai Supervisor Pendidikan dalam Pembinaan Disiplin Guru di MTsN Habirau Kalimantan Selatan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam pembinaan disiplin guru, serta ingin mengetahui upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam pembinaan disiplin guru dan faktor pendukung atau penghambat dalam pembinaan disiplin guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi kepala sekolah dalam rangka mengembangkan dan memajukan mutu pendidikan serta dapat memberi masukan kepada lembaga pendidikan yang bersangkutan scbagai cermin dari apa yang dilakukan kcpala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pcndidikan pada MTsN I labirau Tcngah. Pcnclitian ini mcrupukan pcnclitian kualitatit: yang mengambil latar di MTsN Habirau. Pcngumpulan data dilakukan dcngan mcngadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumcntasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam pembina.an disiplin guru adalah mencakup kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan pembangkitan semangat dan kerjasarna guru-guru, pengembangan dan pembinnan pengetahuan serta ketrampilan guru-guru, bimbingan dan arahan scrta taula