<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model desain pembelajaran,\r\nproses dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran gramatika\r\nbahasa Arab menggunakan kitab Alfiyyah ibn Mālik di kelas Alfiyyah II Pondok\r\nPesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode\r\npenelitian analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nmetode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisi\r\ndata yang digunakan adalah analisis data deskriptif.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model desain pembelajaran yang\r\ndigunakan di kelas Alfiyyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta\r\nadalah model pembelajaran aktif dan model pengajaran sistem perilaku yang\r\nberfokus kepada santri dengan metode presentasi, diskusi, tanya jawab, ceramah,\r\nhafalan, dan bandongan. (2) Proses pembelajaran ada tiga tahap yang dilakukan\r\nyaitu Kegiatan pembuka, santri masuk kelas pukul 19.45 WIB sambil menunggu\r\nustāż melantunkan bait Alfiyyah ibn Mālik selama kurang lebih 10 menit.\r\nKemudian ustāż membuka pembelajaran dengan pembacaan salam dan mengirim\r\ndoa kepada guru-guru dan pengarang kitab terutama kitab Alfiyyah ibn Mālik.\r\nKegiatan inti, Kegiatan inti pembelajaran di kelas Alfiyyah II yaitu ada pembacaan\r\nmaqra, presentasi, hafalan, tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan penutup,\r\ndipenghujung pembelajaran ustāż Tafsir menutup pembelajaran dengan\r\nmengucapkan salam dilanjutkan membaca surat al-Fātihah dan doa kafārotul\r\nmajlis. (3) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran\r\npeneliti mengklasifikasikan menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor\r\npendukung internal mencakup rasa cinta terhadap ilmu nahwu, minat, memiliki\r\nkesiapan sebelum masuk kelas, motivasi, dan ustāż pengampu ilmu nahwu.\r\nSedangkan faktor pendukung eksternal mencakup sistem pembelajaran, teman,\r\nbelajar diluar kelas, punishment,dan munāqosyah Alfiyyah ibn Mālik. Faktor\r\npenghambat internal mencangkup keberagaman santri, belum memiliki kesiapan\r\nkesiapan sebelum masuk kelas, rasa malas, rendahnya bekal ilmu nahwu, dan\r\nkurang percaya diri. Sedangkan faktor penghambat eksternal mencakup alokasi\r\nwaktu, bentrok antara kegiatan pondok dengan kampus, materi, metode, dan\r\nmufrodat."^^ . "2021-09-22" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 17104020010"^^ . "Didin Rojudin"^^ . "NIM.: 17104020010 Didin Rojudin"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Text)"^^ . . . . . "17104020010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Text)"^^ . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #47758 \n\nMODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI" . .