@phdthesis{digilib47759, month = {September}, title = {PENGARUH METODE GAME PESAWAT MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH AL-ISLAM KEMUJA BANGKA TAHUN AJARAN 2020/2021}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104020022 Faila Sufah}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Nisa Syuhda, S.S, M.Hum}, keywords = {Pengaruh, Metode Game Pesawat Masalah, Hasil Belajar, Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47759/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Game Pesawat Masalah dalam pembelajaran bahasa Arab dan pengaruh metode Game Pesawat Masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI Keagamaan Madarasah Aliyah Al-Islam Kemuja Bangka tahun ajaran 2020/2021. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi untuk pengelola pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas belajar mengajar bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Islam Kemuja Bangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah pre eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI Keagamaan berjumlah 70 orang dan sampel adalah siswa XI Keagamaan 2 berjumlah 22 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen tes (pretest dan posttest). Sebelum dilakukan penelitian, instrumen diuji validitas dan reabilitas terlebih dahulu, uji prasyarat yang digunakan uji normalitas dan homogenitas, dan tekhnik analisis datanya menggunakan uji hipotesis dengan uji paired sample test. Penerapan metode Game Pesawat Masalah dalam pembelajaran bahasa Arab diawali dengan guru membagikan siswa menjadi lima kelompok dan kertas HVS warna untuk menulis pertanyaan dari seluruh materi yang ada dalam bab 4 dengan tema ????????????????? ??????????? ?? ????????????????? . Guru mengarahkan siswa untuk melipat kertas menjadi pesawat dengan mencantumkan nama disayapnya, berdiri secara berhadapan untuk menerbangkan pesawat bersama, dan mengambil satu pesawat yang berisikan soal dari temannya. Siswa duduk berdasarkan kelompok yang telah ditentukan, menulis jawaban atau pemecah masalah, dan membaca soal beserta jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh sebelum diberi perlakuan sebesar 52.73 dan setelah diberi perlakuan sebesar 90.45. Dari hasil uji paired sample test diperoleh nilai Sig. (-2tailed) .000 {\ensuremath{<}} 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Game Pesawat Masalah terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI Keagamaan Madrasah Aliyah Al-Islam Kemuja Bangka tahun ajaran 2020/2021} }