TY - THES N1 - Pembimbing : Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd ID - digilib47766 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47766/ A1 - Hanik Griya Ningrum, NIM.: 17104030035 Y1 - 2021/10/29/ N2 - Kemampuan menyimak merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh anak usia dini. Namun pada faktanya, kemampuan menyimak pada anak masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa mengalami kesulitan saat memahami isi cerita, mengulang isi cerita, dan perhatian atau fokus di dalam kelas. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan metode berbicara langsung tanpa menggunakan media. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi kemampuan menyimak pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan menyimak cerita anak sebelum menggunakan media boneka tangan pada siswa kelompok B TKIM Al-Furqon, (2) mengetahui pelaksanaan pemberian perlakuan (treatment) menggunakan media boneka tangan pada siswa kelompok B TKIM Al-Furqon, (3) mengetahui hasil peningkatan kemampuan menyimak cerita anak setelah menggunakan media boneka tangan pada siswa kelompok B TKIM Al-Furqon. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian pre eksperimental dengan jenis one group pretest posttest design design dan analisis data dengan Uji T menggunakan SPSS25. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B TKIM Al- Furqon Cepit Baru Soropadan Condongcatur Depok Sleman yang terdiri dari 26 siswa. Instrument penelitian berupa lembar tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji t, dan uji nilai gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan boneka tangan kemampuan menyimak cerita anak pada siswa kelompok B masih rendah karena siswa belum mampu menceritakan kembali dengan melihat distribusi persentase nilai dengan kategori rendah dan sedang. Kemudian ada perbedaan penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak cerita anak pada siswa kelompok B. Hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil mean pretest adalah 6,23, 5,76, 5,80 dan hasil mean posttest adalah 7,15, 7,30, 7,38. Selisih nilai mean pretest dan mean posttest adalah 0,92, xi 1,53, dan 1,57. Hal ini juga bisa dilihat dari nilai signifikansi pada uji t dengan nilai Sig. (2-taired), 0,010 dan 0,000 < 0,05. Kemampuan menyimak cerita anak menggunakan media boneka tangan mengalami peningkatan dengan analisis uji nilai gain secara berturut-turut sebesar 0,92, 1,61, 1,65 dengan kategori tinggi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kemampuan Menyimak cerita Anak KW - Media Boneka Tangan M1 - skripsi TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELOMPOK B TKIM AL-FURQON CEPIT BARU SOROPADAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN AV - restricted EP - 143 ER -