@phdthesis{digilib47772, month = {September}, title = {PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI RT 01 RW 02 DESA KRAMAT, TEGAL JAWA TENGAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104030043 Lutviatun Nadhiroh}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Dra. Nadlifah, M. Pd}, keywords = {Karakter Disiplin, Pembelajaran Jarak Jauh}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47772/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan pelaksanaan pembelajaran yang disebabkan oleh wabah pandemi covid-19. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di rumah membuat anak jenuh jika pembelajaran yang diberikan guru monoton. Hal ini membuat disiplin anak selama pembelajaran dari rumah menurun. Orang tua diharapkan dapat berperan besar dalam suksesnya pembelajaran jarak jauh tanpa melewatkan pembiasaan karakter disiplin sehingga perlu strategi yang menjadikan anak menyukai pembelajaran di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam pembentukan karakter disiplin anak selama pembelajaran jarak jauh serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pembentukan karakter disiplin anak usia dini saat pembelajaran jarak jauh masa pandemi covid-19 di Rt 01 Rw 02 Desa Kramat, Tegal Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, Desa Kramat sebagai tempat penelitian. Pengumpulan data diambil dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian yaitu (1) peran orang tua dalam pembentukan karakter disiplin anak usia dini pada pembelajaran jarak jauh diantaranya peran sebagai pendidik, peran sebagai fasilitator, peran sebagai pengawas, dan pendamping serta motivator juga sebagai figur yang baik untuk anak di rumah (2) faktor yang menghambat peran orang tua dalam pembentukan karakter disiplin yaitu kurangnya pemahaman orang tua mengenai pentingnya pendidikan karakter disiplin belajar dan orang tua menggantikan peran guru sepenuhnya yang menjadikan perhatian terhadap belajar anak kurang maksimal. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu dukungan dari orang tua dan latar belakang pendidikan tinggi orang tua yang mempengaruhi strategi penerapan pendidikan karakter disiplin yang lebih efektif dan menyenangkan untuk anak selama pembelajaran daring} }