eprintid: 47777 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/77/77 datestamp: 2022-01-03 07:39:50 lastmod: 2022-01-03 07:39:50 status_changed: 2022-01-03 07:39:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Utami Nur Hidayah, NIM.: 17104030050 title: UPAYA MENGENALKAN BATIK BAGI ANAK USIA DINI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL DUSUN GIRILOYO DESA WUKIRSARI KAPANEWON IMOGIRI KABUPATEN BANTUL ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_anak divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Batik, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Budaya Lokal. note: Pembimbing : Siti Zubaedah, S. Ag., M. Pd abstract: Batik merupakan warisan nenek moyang yang diwariskan kepada bangsa Indonesia dan menjadi jati diri bangsa Indonesia. Sebagai bangsa yang berbudaya, bangsa Indonesia wajib menjaga maupun melestarikan budaya batik ini. Untuk itu, sudah saatnya generasi tua berperan penting dalam mengenalkan batik sejak dini agar budaya batik tetap terjaga dan lestari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya mengenalkan batik bagi anak usia dini sebagai media pembelajaran untuk melestarikan budaya lokal Dusun Giriloyo Desa Wukirsari Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul, apa saja unsur-unsur kebudayaan dan keterlibatan masyarakat dalam mengenalkan batik bagi anak usia dini, serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengenalkan batik tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi: masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pengenalan batik, pengelola sekaligus pemandu dan anak-anak sebagai peserta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya mengenalkan batik bagi anak usia dini dengan kegiatan belajar membatik yang diawali dengan tahap perencanaan yaitu merencanakan pembelajaran, materi, metode pembelajaran dan sarana prasarana. Tahap pelaksanaan kegiatan yaitu kegiatan pembuka, inti dan penutup, serta tahap evaluasi, (2) Kegiatan mengenalkan batik bagi anak usia dini mengandung 6 unsur kebudayaan universal dan melibatkan masyarakat untuk turut serta memberikan layanan dalam melestarikan budaya lokal, (3) Faktor pendukung berjalannya kegiatan mengenalkan batik bagi anak dini ialah antusias anak-anak yang tinggi, kegiatan mengenalkan batik yang memiliki unsur budaya, dukungan dari orang tua, lokasi kegiatan yang nyaman dan aman, sarana dan prasarana tersedia untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan, dan warga Dusun Giriloyo yang sangat ramah. Faktor penghambat kegiatan mengenalkan batik bagi anak usia dini ialah terdapat peserta yang datang terlambat, dikarenakan masih dalam masa pandemi anak-anak yang mengikuti dibatasi jumlahnya serta berada di wilayah antara tiga pedusunan sehingga anak yang mengikuti hanya diambil 3-4 orang saja tiap dusunnya agar tidak menimbulkan suatu gesekan date: 2021-09-17 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Utami Nur Hidayah, NIM.: 17104030050 (2021) UPAYA MENGENALKAN BATIK BAGI ANAK USIA DINI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL DUSUN GIRILOYO DESA WUKIRSARI KAPANEWON IMOGIRI KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47777/1/17104030050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47777/2/17104030050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf