eprintid: 47785 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/77/85 datestamp: 2022-01-03 07:43:17 lastmod: 2022-01-03 07:43:17 status_changed: 2022-01-03 07:43:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Faizatul Maghfiroh, NIM.: 17104090030 title: PENGARUH KUALITAS LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA MI DARWATA SIKAMPUH, KECAMATAN KROYA, KABUPATEN CILACAP ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Siswa, Lembaga Pendidikan MI note: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya penelitian sebelumnya mengenai kualitas layanan lembaga pendidikan dengan siswa pada jenjang dasar sebagai subjeknya, serta banyaknya peminat dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang lain di wilayah Desa Sikampuh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan besar pengaruh kualitas layanan lembaga pendidikan terhadap kepuasan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif asosiatif kausal yang dilaksanakan di MI Darwata Sikampuh, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap dengan populasi seluruh siswa MI Darwata Sikampuh yang berjumlah 195 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sesuai dengan karakteristik sampel sehingga didapatkan responden sebanyak 38 siswa terdiri dari siswa kelas 6. Dalam penelitian ini, variabel independen berupa kualitas layanan dan variabel dependen berupa kepuasan siswa. Data diperoleh menggunakan metode kuesioner dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 24. Hasil perhitungan korelasi bivariat diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,703 dan nilai signifikansi 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang kuat antara variabel kualitas layanan dengan variabel kepuasan siswa. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan dari hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,496 yang menunjukkan bahwa variabel kepuasan siswa (Y) mampu diterangkan oleh variabel kualitas layanan (X) sebesar 49,6%. Selanjutnya diperoleh persamaan regresi Y = 13,783 + 0,496.X dan nilai signifikansi 0,000 < α = 0,05. Selain itu diperoleh nilai date: 2021-08-27 date_type: published pages: 121 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Faizatul Maghfiroh, NIM.: 17104090030 (2021) PENGARUH KUALITAS LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA MI DARWATA SIKAMPUH, KECAMATAN KROYA, KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47785/1/17104090030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47785/2/17104090030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf