eprintid: 47786 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/77/86 datestamp: 2022-01-03 07:43:41 lastmod: 2022-01-03 07:43:41 status_changed: 2022-01-03 07:43:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Mazza Safana, NIM.: 17106000029 title: PENGEMBANGAN LKPD MATERI PELUANG EMPIRIK & TEORETIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: LKPD, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif note: Pembimbing : Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. abstract: Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika materi peluang empirik & teoretik berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan untuk mengetahui kevalidan dari LKPD matematika materi peluang empirik & teoretik berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik ini. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Rancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop. Sumber data dan subjek penelitian yaitu validator ahli media dan ahli materi untuk memvalidasi produk LKPD, dan validator ahli untuk memvalidasi instrumen tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi LKPD dan lembar validasi instrumen tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan formula Aiken’s V. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa LKPD matematika materi peluang empirik & teoretik berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Selain itu, berdasarkan validasi dan revisi yang sudah dilakukan terhadap LKPD ini didapatkan skor rata-rata kevalidan dari ketiga validator materi yaitu V=1,00, dan validator media yaitu V=1,00. Dengan memperhatikan kategori standar validitas yang ditentukan oleh Aiken, LKPD materi peluang empirik & teoretik berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang dikembangkan termasuk dalam ketegori valid. date: 2021-08-27 date_type: published pages: 353 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mazza Safana, NIM.: 17106000029 (2021) PENGEMBANGAN LKPD MATERI PELUANG EMPIRIK & TEORETIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47786/1/17106000029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47786/2/17106000029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf