eprintid: 47791 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/77/91 datestamp: 2022-01-03 07:43:49 lastmod: 2022-01-03 07:43:49 status_changed: 2022-01-03 07:43:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Aulia Ekarini Nuraisyah, NIM.: 17106000050 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP/MTS ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning (PBL), Pemahaman Konsep. note: Pembimbing : Suparni, M.Pd. abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah PPE (Planning, Production, Evaluation). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bilangan bulat kelas VII SMP/MTs. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini meliputi instrumen validasi produk dan lembar validasi instrumen. Subjek penelitian yaitu ahli materi dan ahli media yang terdiri dua dosen pendidikan matematika dan satu guru mata pelajaran matematika. Berdasakan penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh bahwa validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) mendapatkan kategori sangat baik dengan masing-masing persentase keidealan sebesar 86,41% untuk penilaian oleh materi dan mendapatkan persentase 87,25% untuk penilaian oleh ahli media. Oleh karena itu, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bilangan bulat kelas VII SMP/MTs dapat dikatakan valid berdasarkan kriteria ketercapaian kevalidan yang sudah ditentukan. date: 2021-08-30 date_type: published pages: 205 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aulia Ekarini Nuraisyah, NIM.: 17106000050 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47791/1/17106000050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47791/2/17106000050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf