@phdthesis{digilib47857, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI PADA MATERI POKOK JARINGAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 15680020 Siti Musyarofah}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd}, keywords = {bahan ajar; penggunaan smartphone; jaringan hewan; inkuiri}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47857/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan e-modul biologi berbasis inkuiri pada materi jaringan hewan untuk siswa kelas XI SMA/MA, 2) mengetahui kualitas e-modul biologi berbasis inkuiri pada materi jaringan hewan sebagai bahan ajar mandiri untuk siswa kelas XI SMA/MA, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap e-modul biologi berbasis inkuiri pada materi jaringan hewan untuk siswa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian R\&D dengan model pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yaitu angket penelitian ahli, guru, peer reviewer, dan respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menjabarkan kualitas e-modul dalam bentuk kalimat dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menjabarkan hasil penilaian e-modul yang berupa bilangan. Kualitas e-modul biologi berbasis inkuiri pada materi pokok jaringan hewan ini dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru biologi, 5 peer reviewer, dan respon dari 15 siswa kelas XI SMA. Hasil persentase kualitas e-modul biologi berdasarkan penilaian reviewer yang terdiri dari ahli, guru, dan peer reviewer diperoleh persentase sebesar 90,68\%, sehingga dapat dinyatakan e-modul tersebut mempunyai kualitas yang sangat baik (SB). Respon siswa terhadap e-modul biologi memperoleh hasil persentase 82,98\%, yang menunjukkan bahwa siswa memberikan respon setuju (S). Berdasarkan hasil penilaian kualitas serta respon yang diberikan siswa, dapat dinyatakan bahwa e-modul biologi bisa dan layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri siswa.} }