%0 Thesis %9 Skripsi %A Putri Ardiani, NIM.: 15680044 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2020 %F digilib:47861 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembelajaran langsung; motivasi belajar; hasil belajar; strategi pembelajaran %P 197 %T PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA N 2 SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47861/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh strategi Active Learning tipe The Power of Two terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA N 2 Sleman, 2) mengetahui pengaruh strategi Active Learning tipe The Power of Two terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA N 2 Sleman. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen (Experimental Research) dengan desain penelitian Pretest - Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari dua kelas. Sampel yang digunakan dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket untuk data motivasi dan soal tes (pretest-posttest) untuk data hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney untuk data motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, 1) tidak terdapat pengaruh strategi Active Learning tipe The Power of Two terhadap motivasi belajar biologi siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,442 > 0,05; 2) tidak terdapat pengaruh strategi Active Learning tipe The Power of Two terhadap hasil belajar biologi siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,105 > 0,05. %Z Pembimbing : Runtut Prih Utami, S. Pd., M. Pd.,