@phdthesis{digilib47862, month = {January}, title = {IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGANYAR PADA MATERI HUKUM NEWTON DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 15690021 Nisa Wahyu Hidayah}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Dr. Widayanti, M.Si.}, keywords = {miskonsepsi; Three-tier Test; Hukum Newton; guess (menebak)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47862/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada materi Hukum Newton terhadap siswa kelas X dan persentase miskonsepsi pada materi Hukum Newton yang dialami siswa kelas X di SMA Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengunakan tes diagnostik three-tier test. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen lembar soal yang telah tervalidasi oleh ahli. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri Karanganyar sejumlah 157 siswa. Identifikasi miskonsepsi ini dikategorikan menjadi lima kategori yaitu konsep ilmiah, miskonsepsi, guess (menebak), lucky guess (jawaban beruntung), dan lack of knowledge (tidak paham konsep). Hasil penelitian ini adalah teridentifikasinya miskonsepsi dan persentase miskonsepsi siswa pada materi Hukum Newton. Persentase rata-rata siswa yang mengalami konsep ilmiah (paham konsep) sebesar 16.43\%, miskonsepsi sebesar 58.09\%, guess (menebak) sebesar 8.22\%, lucky guess (jawaban beruntung) sebesar 3.31\%, dan lack of knowledge (tidak paham konsep) sebesar 13.70\%. Pesentase miskonsepsi siswa paling besar pada indikator menganalisis pengertian Hukum I Newton sebesar 92.99\%.} }