eprintid: 47863 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/04/78/63 datestamp: 2022-02-25 01:27:32 lastmod: 2022-02-25 01:27:32 status_changed: 2022-02-25 01:27:32 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchtinurhidayaah@gmail.com creators_name: Mia Permata Sari, NIM.: 15690030 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: met_pemb divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: guide inquiry; science process skill; cognitif skill; bunyi note: Pembimbing : Dr. Winarti. M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa, (2) peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran model inkuiri, (3) pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa, dan (4) peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan pembelajaran model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar soal pretest -posttest kemampuan kognitif, lembar kerja siswa dan lembar observasi keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji U Mann Whitney, Normalized Gain (N-Gain) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa dengan taraf signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,013. (2) Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan nilai rerata n-gain sebesar 0,701 yang termasuk dalam kriteria tinggi. (3) Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa dengan taraf signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,004. (4) Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan nilai rerata n-gain sebesar 0,431 yang termasuk dalam kriteria sedang. date: 2020-01-06 date_type: published pages: 241 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mia Permata Sari, NIM.: 15690030 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA PADA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47863/1/15690030_BAB%20I_IV_atau_V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47863/2/15690030_BAB%20II_SAMPAI._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf