TY - JOUR ID - digilib47876 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47876/ IS - 1 A1 - Siti Pitriani, - A1 - Mizaniya, - A1 - Yuliananingsih, - A1 - Seka Andrean, - A1 - Istiningsih, - N2 - Derasnya arus globalisasi dan cepatnya perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan dalam menyiapkan generasi emas yang dibekali keterampilan yang unggul dan siap dalam berkompetisi. Hal tersebut, memerlukan desain pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan dan kecerdasan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan tentang analisis tematik-integratif berbasis multiple intelligences di era 4.0. Penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Library Research). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa guna menyiapkan generasi emas yang dibekali keterampilan abad 21 dalam menghadapi arus globalisasi dan perkembangan teknologi, pendidikan era 4.0 perlu mengoptimalisasi segala aspek keterampilan dan kecerdasan peserta didik. Kurikulum 2013 merupakan langkah awal untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui pembelajaran tematik-integratif. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran berbasis multiple intelligences atau kecerdasan majemuk ini sangat diperlukan sebagai desain pendidikan di era digital sekarang ini. Ada sepuluh kecerdasan anak yang didasarkan pada teori multiple intellegences adalah sebagai berikut: Kecerdasan linguistik, kecerdasan logis, kecerdasan spasial visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksistensial, dan kecerdasan Emosional. VL - 12 TI - ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 AV - public EP - 69 Y1 - 2020/06// PB - el-Midad : Jurnal PGMI JF - ?l-Midad : Jurnal PGMI KW - Era Revolusi Industri 4.0 KW - Multiple Intellegences KW - Tematik-integratif. SN - p-ISSN 2087-8389 e-ISSN 2656-4289 SP - 54 ER -