eprintid: 47876 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/78/76 datestamp: 2021-12-21 07:50:19 lastmod: 2021-12-21 07:50:19 status_changed: 2021-12-21 07:50:19 type: article metadata_visibility: show creators_name: Siti Pitriani, - creators_name: Mizaniya, - creators_name: Yuliananingsih, - creators_name: Seka Andrean, - creators_name: Istiningsih, - title: ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pdk divisions: artkl full_text_status: public keywords: Era Revolusi Industri 4.0, Multiple Intellegences, Tematik-integratif. abstract: Derasnya arus globalisasi dan cepatnya perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan dalam menyiapkan generasi emas yang dibekali keterampilan yang unggul dan siap dalam berkompetisi. Hal tersebut, memerlukan desain pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan dan kecerdasan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan tentang analisis tematik-integratif berbasis multiple intelligences di era 4.0. Penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Library Research). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa guna menyiapkan generasi emas yang dibekali keterampilan abad 21 dalam menghadapi arus globalisasi dan perkembangan teknologi, pendidikan era 4.0 perlu mengoptimalisasi segala aspek keterampilan dan kecerdasan peserta didik. Kurikulum 2013 merupakan langkah awal untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui pembelajaran tematik-integratif. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran berbasis multiple intelligences atau kecerdasan majemuk ini sangat diperlukan sebagai desain pendidikan di era digital sekarang ini. Ada sepuluh kecerdasan anak yang didasarkan pada teori multiple intellegences adalah sebagai berikut: Kecerdasan linguistik, kecerdasan logis, kecerdasan spasial visual, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksistensial, dan kecerdasan Emosional. date: 2020-06 date_type: published publication: ẽl-Midad : Jurnal PGMI volume: 12 number: 1 publisher: el-Midad : Jurnal PGMI pagerange: 54-69 refereed: TRUE issn: p-ISSN 2087-8389 e-ISSN 2656-4289 citation: Siti Pitriani, - and Mizaniya, - and Yuliananingsih, - and Seka Andrean, - and Istiningsih, - (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. ẽl-Midad : Jurnal PGMI, 12 (1). pp. 54-69. ISSN p-ISSN 2087-8389 e-ISSN 2656-4289 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47876/1/ANALISIS%20PEMBELAJARAN%20TEMATIK-INTEGRATIF%20BERBASIS.pdf