<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM"^^ . "Universalisme Islam\r\nmenurut Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid\r\ndan Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam.\r\nTesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam\r\nKonsentrasi Pendidikan Agama Islam Magister\r\nFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan\r\nKalijaga, 2018.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah berawal\r\ndari keprihatinan penulis tentang fenomena yang\r\nakhir-akhir ini marak terjadi di Indonesia yaitu kasus\r\nintoleransi, diskriminasi, intimidasi dan kekerasan\r\nyang mengatasnamakan agama. Diyakini hal tersebut\r\nterjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat\r\ntentang wawasan kebangsaan dan pendidikan agama\r\nIslam. Dalam hal ini, konsep universalisme Islam\r\nyang digagas oleh Nurcholish Madjid dan\r\nAbdurrahman Wahid bisa dijadikan sebagai rujukan\r\ndalam upaya memberikan wawasan tentang kedua hal\r\ntersebut, juga sebagai konsep untuk merekonstruksi\r\nkurikulum pendidikan agama Islam baik formal\r\nmaupun non-formal menjadikurikulum pendidikan\r\nagama Islam Rahmatan Lil’alamin. Dengan harapan\r\nagar profil manusia yang dihasilkan oleh institusi\r\npendidikan mampu mengembangkan pola hubungan\r\nantar manusia yang pluralis, humanis, dialogis dan\r\ntoleran serta mengembangkan pemanfaatan dan\r\npengelolaan alam dengan rasa cinta kasih. Sehingga\r\ntujuan dari penelitian ini adalah untuk\r\nmengidentifikasi konsep Universalisme Islam\r\nNurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid serta\r\nmenganalisis implikasi konsep Universalisme Islam\r\nkedua tokoh terhadap Pendidikan Agama Islam.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan\r\npenelitian filosofis dengan jenis penelitian\r\nkepustakaan atau library research. Metode\r\npengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi data dari sumber-sumber data dari\r\nliterature yang memiliki relevansi dengan tema\r\npenelitian ini. Adapun metode analisisnya adalah\r\nmenggunakan analisis deskriptif-komparatif.\r\nPenelitian ini menghasilkan temuan bahwa: 1)\r\nuniversalisme Islam dalam pandangan Nurcholish\r\nMadjid adalah Islam Rahmatan Lil’alamin, yakni\r\nIslam sebagai agama untuk seluruh umat manusia,\r\ntanpa tergantung bahasa, ras, waktu dan tempat\r\ntertentu. Islam yang didasari pada pemaknaan ”Islam”\r\nyang berarti pasrah dan tunduk kepada Tuhan sebagai\r\nunsur kemanusiaan yang alami dan sejati, kesatuan\r\nkenabian dan ajaran para nabi untuk semua umat\r\nmanusia. Islam agama yang universal berarti bahwa\r\nagama Islam yang dibawa kemanapun dan dimanapun\r\ndan mempunyai kemampuan untuk beradaptasi\r\ndengan lingkungan budaya di mana dia tumbuh dan\r\nberkembang. Universalisme Islam menurut\r\nAbdurrahman Wahid adalah ajaran Islam yang berupa\r\nlima buah jaminan dasar kepada masyarakat, yaitu\r\njaminan dasar akan keselamatan fisik, keyakinan\r\nagama masing-masing, keselamatan keluarga,\r\nkeselamatan harta benda, dan hak milik dan profesi.\r\n2) persamaan keduanya yaitu: toleransi, hak asasi\r\nmanusia, dan islam sebagai agama kemanusiaan.\r\nperbedaannya yaitu menurut Nurcholish Madjid\r\nuniversalisme Islam yaitu sebagai sikap pasrah dan\r\ntunduk kepada Tuhan sedangkan menurut\r\nAbdurrahman Wahid islam sebagai ajaran yang\r\nmeliputi hukum agama, keimanan, dan akhlak. 3)\r\nImplikasi pemikiran keduanya dengan PAI dibagi\r\nmenjadi tiga komponen pendidikan yaitu konsep\r\ntujuan PAI, konsep kurikulum PAI dan konsep\r\nmetode PAI"^^ . "2020-01-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 1520411011"^^ . "Muhammad Faidlunniam"^^ . "NIM.: 1520411011 Muhammad Faidlunniam"^^ . . . . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . . . "1520411011_BAB I_BAB IV.pdf"^^ . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "UNIVERSALISME ISLAM MENURUT\r\nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN\r\nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #47920 \n\nUNIVERSALISME ISLAM MENURUT \nNURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN \nWAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP \nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .