eprintid: 47920 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/04/79/20 datestamp: 2022-01-05 04:36:22 lastmod: 2022-01-05 04:36:22 status_changed: 2022-01-05 04:36:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchtinurhidayaah@gmail.com creators_name: Muhammad Faidlunniam, NIM.: 1520411011 title: UNIVERSALISME ISLAM MENURUT NURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pi2 full_text_status: restricted keywords: Intoleransi; diskriminasi; intimidasi, Kekerasan; Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing: Dr. Usman, SS., M.Ag abstract: Universalisme Islam menurut Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid dan Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari keprihatinan penulis tentang fenomena yang akhir-akhir ini marak terjadi di Indonesia yaitu kasus intoleransi, diskriminasi, intimidasi dan kekerasan yang mengatasnamakan agama. Diyakini hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang wawasan kebangsaan dan pendidikan agama Islam. Dalam hal ini, konsep universalisme Islam yang digagas oleh Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid bisa dijadikan sebagai rujukan dalam upaya memberikan wawasan tentang kedua hal tersebut, juga sebagai konsep untuk merekonstruksi kurikulum pendidikan agama Islam baik formal maupun non-formal menjadikurikulum pendidikan agama Islam Rahmatan Lil’alamin. Dengan harapan agar profil manusia yang dihasilkan oleh institusi pendidikan mampu mengembangkan pola hubungan antar manusia yang pluralis, humanis, dialogis dan toleran serta mengembangkan pemanfaatan dan pengelolaan alam dengan rasa cinta kasih. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep Universalisme Islam Nurcholish Madjid dan Abdurrahman Wahid serta menganalisis implikasi konsep Universalisme Islam kedua tokoh terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian filosofis dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi data dari sumber-sumber data dari literature yang memiliki relevansi dengan tema penelitian ini. Adapun metode analisisnya adalah menggunakan analisis deskriptif-komparatif. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa: 1) universalisme Islam dalam pandangan Nurcholish Madjid adalah Islam Rahmatan Lil’alamin, yakni Islam sebagai agama untuk seluruh umat manusia, tanpa tergantung bahasa, ras, waktu dan tempat tertentu. Islam yang didasari pada pemaknaan ”Islam” yang berarti pasrah dan tunduk kepada Tuhan sebagai unsur kemanusiaan yang alami dan sejati, kesatuan kenabian dan ajaran para nabi untuk semua umat manusia. Islam agama yang universal berarti bahwa agama Islam yang dibawa kemanapun dan dimanapun dan mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan budaya di mana dia tumbuh dan berkembang. Universalisme Islam menurut Abdurrahman Wahid adalah ajaran Islam yang berupa lima buah jaminan dasar kepada masyarakat, yaitu jaminan dasar akan keselamatan fisik, keyakinan agama masing-masing, keselamatan keluarga, keselamatan harta benda, dan hak milik dan profesi. 2) persamaan keduanya yaitu: toleransi, hak asasi manusia, dan islam sebagai agama kemanusiaan. perbedaannya yaitu menurut Nurcholish Madjid universalisme Islam yaitu sebagai sikap pasrah dan tunduk kepada Tuhan sedangkan menurut Abdurrahman Wahid islam sebagai ajaran yang meliputi hukum agama, keimanan, dan akhlak. 3) Implikasi pemikiran keduanya dengan PAI dibagi menjadi tiga komponen pendidikan yaitu konsep tujuan PAI, konsep kurikulum PAI dan konsep metode PAI date: 2020-01-08 date_type: published pages: 337 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: masters thesis_name: other citation: Muhammad Faidlunniam, NIM.: 1520411011 (2020) UNIVERSALISME ISLAM MENURUT NURCHOLISH MADJID DAN ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47920/1/1520411011_BAB%20I_BAB%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47920/2/1520411011__BAB%20II_BAB%20III.pdf