eprintid: 47926 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/04/79/26 datestamp: 2022-01-05 05:15:40 lastmod: 2022-01-05 05:15:40 status_changed: 2022-01-05 05:15:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Inayatul Hidayah, NIM.: 1620410019 title: KONSEP PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM SEBAGAI KONTRA BULLYING SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_pi2 full_text_status: restricted keywords: bullying; santri; ta’zir; bullying verbal; bullying relasional note: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih maraknya perilaku bullying yang terjadi di dunia pendidikan, terutama di pesantren. Banyak kasus yang terjadi namun dibiarkan begitu saja. Sebagai salah satu fenomena yang seringkali dilakukan adalah pemberian hukuman (ta’zir) yang melewati batas, penggunaan nama panggilan yang kurang baik, dan fenomena mempermalukan teman di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bullying yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta, penyebab terjadinya perilaku tersebut, mengetahui konsep pemikiran dan karakteristik konsep pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ada>bul ‘Ab Al-‘A>lim Wa Al-Muta’allim sebagai kontra bullying yaitu: (1) seorang santri hendaknya membersihkan hati dari berbagai penyakit hati, (2) bersifat qana’ah (menerima apa adanya), (3) membagi waktu dengan baik, (4) tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan minuman, (5) bersikap wara’ dalam setiap tindakan, (6) meninggalkan pergaulan buruk. Ketiga, implementasi konsep pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’allim sebagai kontra bullying santri di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta: (1) beberapa santri telah menerapkan etika membersihkan hati dari berbagai penyakit hati, dan menerapkan sikap wara’, (2) banyak santri yang belum menerapkan keenam aspek etika kontra bullying yang terdapat di dalam kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim. Keempat, karakteristik konsep pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wa Al-Muta’allim sebagai kontra bullying santri: (1) pembahasan mengenai etika di dalam kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim lebih lengkap dan lebih rinci, dibandingkan dengan kitab Ta’lim Al-Muta’allim,. (2) pembahasan etika di dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim bersifat dua arah (santri kepada guru, guru kepada santri), di dalam Kitab Ta’lim Al- Muta’allim yang bersifat satu arah (santri kepada guru). date: 2019-01-02 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Inayatul Hidayah, NIM.: 1620410019 (2019) KONSEP PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM SEBAGAI KONTRA BULLYING SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47926/1/1620410019_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47926/2/1620410019_BAB-II_IV.pdf