%A - Argista Rahmaini %A - Khanan Auladi %A - Urip Meilina Kurniawati %A - Istiningsih %J As-Salam I %T MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DALAM MENGEMBANGKAN POLA KEPEMIMPINAN MADRASAH %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan transformatif dalam menciptakan pola kepemimpinan di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi yang diperoleh dari berbagai sumber antara lain buku, dokumen, dan jurnal nasional yang berkaitan dengan model kepemimpinan transformatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kepemimpinan transformatif dapat mengembangkan pola kepemimpinan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) menjadi lebih baik dan peka terhadap perubahan dan perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu beradaptasi dengan peristiwa terkini atau kejadian yang akan datang. Pola kepemimpinan di madrasah dengan model kepemimpinan transformatif menjadikan seorang kepala madrasah yang katalisator, inovator, motivator, goal planer, aktivator, action planer, leader, panutan, motivator, perencana aksi, perencana tujuan, pemimpin serta penghubung, mempunyai visi dan sebagai agen perubahan, dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. %N 1 %K Model Kepemimpinan Transformatif, Pola Kepemimpinan Transformatif, Kepala Madrasah %P 87-112 %V 10 %D 2021 %I FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %R 102 %L digilib47929