%0 Thesis %9 Masters %A Nida Shofiyah, S. Pd., NIM.: 17204010161 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:47946 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K curriculum; Islamic Science Education; general higher education %P 719 %T PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEAGAMAAN ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM - UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47946/ %X Perubahan bentuk Perguruan Tinggi dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas memberikan kesempatan bagi Perguruan Tinggi Umum membuka program studi rumpun Kajian Keislaman. Peluang tersebut ditangkap oleh Dosen Mata Kuliah Umum Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia untuk membuka program studi Pendidikan Keagamaan Islam, yaitu Ilmu Pendidikan Agama Islam. Inisiatif tersebut diambil karena kegelisahan pendidikan hari ini menggunakan teori dan konsep dari Barat yang cenderung sekuler dan bebas nilai. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam – Universitas Pendidikan Indonesia sebagai salah satu Program Studi Pendidikan Keagamaan Islam di Perguruan Tinggi Umum di Indonesia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi pada sumber data, metode dan teori serta member check. Berdasarkan hasil penelitian, Pendirian Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk melahirkan keilmuan, teorisasi dan konsep pendidikan yang bersumber langsung dari Al-Qur`ān dan Sunnah. Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam berbeda dengan Program Studi Pendidikan Keagamaan Islam pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dikarenakan orientasinya yang tidak hanya mencetak guru Pendidikan Agama Islam, namun menjadi ilmuan di bidang ilmu pendidikan Islam, entrepreneur, serta praktisi di lembaga Pendidikan Islam nonformal dan informal. Karakter kurikulum yang dikembangakan oleh Program Studi Ilmu didominasi pengembangan ilmu-ilmu Islam murni kemudian ilmu-ilmu kependidikan yang general dalam artian tidak secara khusus dikaitkan dengan mata pelajaran yang nantinya akan diajarkan di sekolah/madrasah. Implementasi kurikulum Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi empat bentuk yakni kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan kurikulum tersembunyi. Kurikulum Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam sebagai alat mencapai tujuan sudah mewujudkan tujuan-tujuan dari Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam dan memberikan warna religius Islami bagi kampus Universitas Pendidikan Indonesia yang memiliki motto Ilmiah, Edukatif, Religius. %Z Pembimbing : Dr. H. Tasman Hamami, M. A.