%A NIM.: 17204010184 Muhammad Rofiq Aulawi %O Pembimbing : Dr. H. Sumedi, MA. %T PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (STUDY PESERTA DIDIK MI AL-MA’HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA) %X Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya pengaruh negatif dari arus globalisasi yang membuat manusia tuna karakter (berkarakter baik-lemah, jelek-kuat,). Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya perilaku-perilaku negatif yang dilakukan oleh para pelajar. Berangkat dari masalah tersebut, perlu adanya pembiasaan dan keteladanan dalam membentuk karakter. Tujuan dari penelitian ini, pertama, untuk mengetahui, menjelaskan pembentukan karakter berbasis pembiasaan di MI Al-Ma’had An-Nur. Kedua, untuk mengetahui Pelaksanaan pembentukan karakter peserta didik berbasis keteladaan di MI Al- Ma’had An-Nur. Ketiga, untuk mengetahui keberhasilan dari pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan di MI Al- Ma’had An-Nur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman dan menggunakan trianggulasi untuk uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter berbasis pembiasaan di MI Al- Ma’had An-Nur Bantul Yogyakarata dilakukan dengan berbagai kegiatan, yaitu:, yang terdiri dari: salam sapa, Berjabat tangan, membaca do‟a sebelum dan sesudah pembelajaran, tadarus bersama di kelas, shalat jama‟ah, menghafal al- Qur‟an, upacara, kegiatan PHBI, kegiatan menata lingkungan fisik dan kegiatan pengkondisian non fisik. Pembentukan karakter berbasis keteladanan terbagi menjadi dua: (1) keletadanan disengaja, yang terdiri dari: keteladanan dalam melaksanakan ibadah, menjaga kebersihan, dan kedisiplinan, dan (2) keteladanan tidak disengaja, yang terdiri dari: bersikap ramah, sopan, dan santun. Keberhasilan pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan yang dapat melahirkan karakter, seperti: (1) meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik, (2) meningkatkan keimanan, (3) merubah sikap (akhlakul karimah). %K character building; pembiasaan; keteladanan; akhlakul karimah; habituation %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47948