TY  - THES
N1  - Pembimbing : Dr. H. Sukiman, M.Pd.
ID  - digilib47950
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47950/
A1  - Nur Yudha Isticha, NIM.: 17204010187
Y1  - 2020/01/16/
N2  - Latar belakang penumbuhan budi pekerti karena maraknya kasus
kejahatan, kekerasan dan lainnya membuktikan adanya kemerosotan moral
karakter bangsa. Padahal, pendidikan karakter merupakan suatu pondasi
bangsa yang penting dan perlu ditanamkan sejak dini pada peserta didik.
Permasalahan tersebut mendasari pemerintah menetapkan Permendikbud
No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). Salah satu
kegiatan PBP adalah Gerakan literasi Sekolah yang secara umum
bertujuan menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui
pembudayaan ekosistem literasi sekolah. Kegiatan ini juga di dukung
melalui pembiasaan program guru pendidikan agama islam.
Berkaitan dengan jenis dan obyek penelitian, peneliti menggunakan
jenis penelitian kualitatif, yakni suatu penelitian yang ditujukan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis fenomena atau peristiwa. Subjek penelitian
ini adalah kepala sekolah, tim gerakan literasi sekolah, wali kelas, guru
pendidikan agama islam dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dengan
perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) gerakan literasi sekolah
memberikan kesempatan kepada peserta didik mampu berfikir analitik,
besar kemungkinan peserta didik dapat menjadi baik dalam segi kognitif
dan afektif. Melalui pembiasaan kegiatan yang positif, gerakan literasi
sekolah diyakini mampu menumbuh kembangkan peserta didik menjadi
insan yang berbudi pekerti luhur. (2) Tahap pelaksanaan penumbuhan budi
pekerti melalui gerakan literasi sekolah melalui tahap. Tahap pertama,
pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, tim pelaksana
belum memberikan tugas secara wajib, karena tahap ini bersifat sebagai
tahap awal yang menyenangkan. Tahap kedua, pengembangan
pembiasaan yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan bacaan
yang telah dibaca, melalui karya ilmiah, cerita pendek, ringkasan buku,
dan lain sebagainya. Tahap ketiga, tahap pembelajaran berbasis literasi,
tahap yang mengaitkan pembelajaran di kelas dengan pengalaman pribadi
sehingga menjadi pembelajar sepanjang hayat. Sedangkan pelaksanaan
PBP melalui gerakan literasi sekolah dalam perspektif keagamaan melalui
tiga pembiasaan yakni one day one hadits, tadarrus al-Qur an, dan
peningkatan imtaq. (3) Beberapa sikap peserta didik yang dapat diamati
telah baik. Antara lain: Religius, Jujur, Percaya diri, Rasa ingin tahu,
Kreatif, Komunikatif, Gemar membaca dan cinta Ilmu, dan Patuh pada
aturan sosial.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - gerakan literasi sekolah; budi pekerti; school literacy movement
M1  - masters
TI  - PENUMBUHAN BUDI PEKERTI MELALUI GERAKAN
LITERASI SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DI SMP N 4 PAKEM SLEMAN
AV  - restricted
EP  - 172
ER  -