@mastersthesis{digilib47956, month = {December}, title = {MODUL MATRIKULASI KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17204020003 Khotimatun Nafi?ah}, year = {2019}, note = {Pembimbing : Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag.}, keywords = {modul matrikulasi; reading skill; writing skill; pesantren}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47956/}, abstract = {Penelitian ini berangkat dari latar belakang masih kurangnya kemampuan mahasiswa baru Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNNES dalam keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab, khususnya mahasiswa yang bukan berasal dari madrasah/pesantren atau tidak mempelajari bahasa Arab sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangan modul matrikulasi keterampilan membaca dan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab. 2) Mendeskripsikan kualitas modul matrikulasi berdasarkan penilaian ahli dan mahasiswa pengguna modul. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D) dengan mengadaptasi model yang digunakan oleh Borg\&Gall akan tetapi hanya enam tahapan penelitian yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Mahasiswa baru membutuhkan modul matrikulasi untuk membantu keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab khususnya yang masih kurang mahir, modul yang diharapkan yaitu modul yang kontekstual, bahasanya mudah dipahami, dan menarik. 2) Desain modul disusun berdasarkan karakteristik, ketentuan desain, dan elemen-elemen yang harus diperhatikan dalam menyusun modul sehingga menghasilkan modul sesuai. 3) Penilaian ahli terhadap modul terbagi atas lima aspek yaitu aspek kelayakan isi memperoleh nilai 4,8 dengan kategori sangat baik, nilai kelayakan penyajian adalah 4,9 dengan kategori sangat baik, nilai kelayakan bahasa adalah 4,9 dengan kategori sangat baik, nilai kesesuaian dengan tema adalah 4,9 dengan kategori sangat baik, dan nilai kelayakan kegrafikan adalah 4,7 dengan kategori sangat baik. 4) Respon mahasiswa terhadap modul setelah uji coba pemakaian yaitu modul sangat layak digunakan untuk membantu mahasiswa baru yang membutuhkan persiapan dalam keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab dengan skor rata-rata 4,7 pada lembar penilaian yang diisi oleh mahasiswa.} }